3dsmax, merupakan software
desain grafis yang sangat populer,terutama dalam hal 3dnya.Kemampuan software
ini untuk menciptakan objek 3d yang kompleks dan juga renderingnya yang membuat
hasil gambar terlihat nyata dan menawan.program ini juga dapat digunakan untuk
animasi yang memungkinkan anda untuk mempresentasikan desain anda,seperti
desain interior,arsitektur,dan iklan, secara realistik dan aktraktif.
Dan disini untuk menjelaskan
fitur-fitur apa saja yang ada di 3dsmax.
Area kerja 3ds max
1. Menu, berisi
berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi
yang kita buat.perintah-perintah ini biasanya berbentuk teks.
2. Tool Reactor,
berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi
reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create
> Helpers > reactor
3. Command Panel, berisi
perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang
kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu
objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku
panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah
biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah
rollout.dan kurang lebih seperti create,modify,hierarcy, motion,display, dan
utility.
4. Viewport,
merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam
sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan
dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8
sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back,
perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning
di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds
max.
5. Main toolbar,
dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam
memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar
seperti tampak pada gambar di bawah ini :
a. Undo berfungsi
sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan
kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi
untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan
antara objek tersebut.
d. Unlink selection merupakan
kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e. Bind to space warp merupakan
fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu,
misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f. Selection filter merupakan
fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g. Select object digukanan
untuk memilih atau menyeleksi objek.
h. Select by name digunakan
untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and
move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j. Select and
rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih
tersebut.
k. Select and scale digunakan
untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l. Use center
flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan
mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror digunakan
untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n. Layer manager digunakan
untuk mengatur layer
o. Curve editor digunakan
untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p. Material editor merupakan
fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q. Render scene dialog digunkan
untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1. Time Slider dan
tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat
mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang
terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
a. Time
Slider
Prinsipnnya
sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu
untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh
keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk melakukan perubahan
animasi pada suatu objek.
6. Rollout, merupakan menu gulung
yang ada pada setiap perintah, berisi parameter-parameter untuk mengontrol
objek.Rollout pada gambar sampel adalah Name and Color.
7. World Axis, merupakan ikon sistem
koordinat dunia yang menunjukkan arah sumbu X,Y, dan Z di setiap viewport.
8. Slide Bar, yang berfungsi untuk
memindahkan frame aktif untuk keperluan animasi.
9. Auto Key, untuk mengaktifkan
keyframer otomatis untuk keperluan animasi.
10. Animation Control, berisi perintah-perintah untuk mengatur
pandangan dalam viewport.
Dan itulah sekilas mengenai fitur-fitur yang ada dalam program 3dsmax,
adapun untuk menggunakan software ini harus memenuhi kriteria hardware komputer
sebagai berikut:
Autodesk 3ds Max 2012 System
Requirements
32-Bit 3ds Max 2012 or 3ds Max Design
2012 for Windows
Operating system: Microsoft® Windows®
7 Professional operating system, Microsoft® Windows Vista® Business operating
system (SP2 or higher), or Microsoft® Windows® XP Professional operating system
(SP3 or higher)
For general animation and rendering
(typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel®
Pentium® 4 1.4 GHz or equivalent AMD® processor with SSE2 technology*
· 2
GB RAM (4 GB recommended)
· 2
GB swap space (4 GB recommended)**
· 3
GB free hard drive space
· Direct3D®
10 technology, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher
video card memory, 1 GB or higher recommended)
· Three-button
mouse with mouse driver software
· DVD-ROM
drive††
· Microsoft®
Internet Explorer® 8.0 internet browser or higher or Mozilla® Firefox® 3.0
internet browser or higher
· Internet
connection for web downloads and Autodesk® Subscription-aware access
64-Bit 3ds Max 2012 or 3ds Max Design
2012 for Windows
Operating system: Microsoft Windows 7
Professional x64, Microsoft Windows Vista Business x64 (SP2 or higher), or
Microsoft Windows XP Professional x64 (SP3 or higher)
For general animation and rendering
(typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel®
64 or AMD64 processor with SSE2 technology*
· 4
GB RAM (8 GB recommended)
· 4
GB swap space (8 GB recommended)**
· 3
GB free hard drive space
· Direct3D
10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher video card
memory, 1 GB recommended)
· Three-button
mouse with mouse driver software
· DVD-ROM
drive††
· Microsoft
Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser
· Internet
connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access
For large scenes and complex data sets
(typically more than 1,000 objects or 100,000 polygons):
· Intel®
64 or AMD64 processor with SSE2 technology*
· 8
GB RAM
· 8
GB swap space**
· 3
GB free hard drive space
· Direct3D
10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (1 GB or higher video card
memory)
· Three-button
mouse with mouse driver software
· DVD-ROM
drive††
· Microsoft
Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser
· Internet
connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access
3ds Max 2012 or 3ds Max Design 2012 for
Macintosh
Boot Camp
You can install Autodesk 3ds Max and 3ds Max Design 2012 software on a Mac® computer on a Windows® partition. The system must use Boot Camp® application program to help manage a dual OS configuration and meet the minimum system requirements.
You can install Autodesk 3ds Max and 3ds Max Design 2012 software on a Mac® computer on a Windows® partition. The system must use Boot Camp® application program to help manage a dual OS configuration and meet the minimum system requirements.
· Intel®-based
Mac Pro or MacBook® Pro computer¹
· Mac®
OS X 10.5.x or higher operating system
· Boot
Camp V 2.0 or higher
· Minimum
2 GB RAM (4 GB recommended for 32-bit Windows, 8 GB or more for 64-bit Windows)
· Minimum
20 GB disk space for Apple OS partition, minimum 20 GB for Windows OS partition
Mac Virtualization on Parallels Desktop
Autodesk 3ds Max and 3ds Max Design 2012 can be used on the Mac via Parallels Desktop® for Mac software without having to boot directly into the Windows OS so it is easy to switch between platforms. The system must meet the following requirements:
Autodesk 3ds Max and 3ds Max Design 2012 can be used on the Mac via Parallels Desktop® for Mac software without having to boot directly into the Windows OS so it is easy to switch between platforms. The system must meet the following requirements:
· Intel-based
Mac Pro or MacBook Pro¹
· Mac
OS X 10.5.x or higher
· Parallels
Desktop 4.0 (4.0.3844 or higher)²
· Minimum
4 GB RAM (6 GB system memory for 32-bit Windows, 8 GB or more for 64-bit
Windows recommended)
· Minimum
40 GB available disk space (100 GB recommended)
²Parallels Desktop is the only supported virtual machine software at this time.
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar